AS jamin sekutunya yang gelisah diusili Korea Utara

amerika serikat menyatakan dulu komitmennya melindungi jepang dengan deterens nuklir sesudah meningkatnya ancaman perang nuklir daripada korea utara, selama pembicaraan dalam tiga hari diantara kaum diplomat juga pejabat pertahanan as - jepang.

pertemuan dua tahunan tersebut diadakan di pangkalan angkatan laut kitsap di negara bagian washington. dalam situ para pejabat jepang diajak tur menikmati suatu kapal selam dan fasilitas peluru kendali trident yang adalah bagian daripada arsenal nuklir as.

pembicaraan ini dirancang agar memastikan sekutu-sekutu kita bahwa as memperpanjang deterens dengan kredibel, andal juga berdaya tahan, kata bagian as seperti dikutip afp.

korea utara juga jepang sempat ingin membangun skill nulklir strategisnya tapi as memastikan kedua sekutunya tersebut kiranya bomber, kapal selam serta peluncur rudal nuklir mereka mampu menjawab semua potensi ancaman, tidak merujuk ancaman korea utara.

Informasi Lainnya:

korea utara diperkirakan akan meluncurkan peluru kendali jarak menengahnya dalam pantai timur negara itu menjelang selebrasi nasional 15 april lusa.

jepang yang merupakan satu-satunya negara yang pernah mengalami serangan nuklir, sudah memerintahkan militernya menembak jatuh semua peluru kendala dan diluncurkan korea utara dan mengarah ke wilayahnya, demikian afp.