Kemkumham beri insentif pengurusan HKI

direktorat jenderal hak kekayaan intelektual kementerian hukum serta hak asasi manusia (ham) menyerahkan insentif kepada masyarakat yang mau mengurus pengakuan hak atas kekayaan intelektualnya.

pemberian insentif itu terutama pada siswa, mahasiswa, akademisi, pelaku upaya-upaya mikro, kecil, menengah, serta pengusaha dalam daerah istimewa yogyakarta (diy), kata direktur merek ditjen hak kekayaan intelektual (hki) kementerian hukum dan ham faturachman dalam yogyakarta, jumat.

pada peringatan hari hak kekayaan intelektual se-dunia tingkat diy, ia menungkapkan insentif yang diberikan berupa permohonan jam, hak cipta, dan paten. di 2013, pihaknya sudah mengalokasikan dana sebesar rp600 juta.

hal tersebut dilaksanakan sebab diy sangat kaya potensi baik pada bidang pertanian, perkebunan, umkm maupun kreativitas lainnya yang sudah dikenal oleh dunia, ujarnya.

Informasi Lainnya:

wakil gubernur diy paku alam ix menungkapkan, peringatan hari hki bermanfaat karena mampu menjadi wahana membangun kesadaran tentang arti berguna hki kepada warga diy.

hak tersebut berguna supaya menyerahkan perlindungan pada pengusaha dan produk bermerek. pada ini ada pilihan dipalsukan, malahan dipatenkan bagian lain sebab tidak hapal mekanisme dan agama yang telah diberlakukan, ujarnya.

menurut dia, lahirnya peraturan dan berkenaan melalui hki berdampak selama sikap penghargaan, penghormatan, serta perlindungan yang tidak cuma menyerahkan rasa aman, ternyata serta mewujudkan cuaca dan kondusif.

hal itu, papar dia, bermanfaat bagi peningkatan semangat atau gairah untuk menghasilkan karya-karya inovatif dan produktif terutama bagi para pelaku umkm yang banyak terdapat di diy.

dengan perlindungan kepada hki itu pelaku umkm yang memiliki karya intelektual mampu mencari kepastian hukum oleh karenanya pemegang hak ingin mendapatkan perlindungan hukum serta mengerjakan upaya hukum dengan lebih kuat, ujarnya.

kepala kanwil kemkum juga ham diy rusdianto mengatakan, diy merupakan salah Satu daerah selama indonesia dan masyarakatnya potensial dan mempunyai kreativitas dan inovasi tinggi.

mereka bisa mewujudkan karya serta karsa yang menasional bahkan menginternasional seperti kreativitas di memproduksi kata-kata yang melekat selama desain kaus, kerajinan, kuliner, film animasi, juga perangkat lunak, ujarnya.