Rp54 miliar, biaya pemakaman Thatcher

uang para wajib pajak inggris diperkirakan habis sebanyak rp54 miliar serta 3,6 juta poundsterling (1 poundsterling = rp15.000) supaya membiayai pemakaman mantan perdana menteri margaret thatcher.

data tersebut dikeluarkan oleh downing street, kamis, dengan rincian 2 juta poundsterling supaya kaum polisi yang memang bertugas juga 1,6 juta poundsterling agar meminta semua pengeluaran dalam luar tersebut.

meskipun data dan disebut pemerintah menyebut jumlah 3,6 juta, perhitungan kasar total biaya dan dihabiskan agar pemakaman pekan kemarin itu menelan biaya sebesar 10 juta poundsterling atau rp150 miliar.

besarnya uang yang dikeluarkan membuat para aktivis sayap kiri jauh meradang.

Informasi Lainnya:

mereka mengkritik pengeluaran para titan konservatif dalam tengah-tengah keputusan pemotongan belanja publik dan ditujukan untuk menekan defisit anggaran berbelanja inggris.

dari dana 1,6 juta pounsterling, sekitar 1,1 juta poundsterling dimanfaatkan agar petugas keamanan juga polisi, tutur downing street.

sisanya 500 ribu poundsterling dimanfaatkan untuk biaya seremonial seperti st paulus katedral, resepsi sesudah pemakaman serta undangan.

keluarga thatcher menyewa biaya bunga juga biaya pelaksanaan, yang angkanya tak diumumkan.

thatcher, dan berkuasa selama kurun waktu 1979-1990, terbukti merupakan tokoh yang paling dibenci dengan grup kiri jauh baik saat hidup ataupun setelah meninggal dunia.

didorong oleh isu biaya sebesar 10 juta poundsterling dan dibutuhkan untuk pemakaman, beberapa demonstran meneriakkan kata-kata buang-buang biaya dalam prosesi pemakamannya, sementara yang lain mengacungkan spanduk dengan tulisan besarnya dana itu.

thatcher merupakan satu-satunya perdana menteri wanita inggris serta terlama dalam abad ke-20. dia meninggal dunia selama 8 april sesudah terkena serangan stroke.

tokoh berusia 87 tahun itu memperoleh pemakaman seremonial melalui penghormatan militer penuh dalam katedral st paul pada london pada 17 april.

dua kepala negara, 11 perdana menteri, 17 menteri luar negeri, serta pejabat yang mewakili 170 negara turut menghadiri upacara pemakaman.

menteri luar negeri william hague menjadi tuan rumah pada Salah satu dari dua resepsi agar perwakilan dari negara-negara asing.

resepsi yang kedua diperuntukkan supaya sahabat dan keluarga thatcher dan perwakilan lembaga inggris. perdana menteri david cameron dan menteri senior lainnya menghadiri keduanya.

downing street menyampaikan total uang akan dipasang selama saatnya, serta berharap angka tersebut mau mendekati estimasi total.

inggris sudah nyaris mengalami resesi putaran ketiga, sekalipun masih mengalami defisit anggaran dan besar serta kuat, juga menambah tumpukan rekor utang, berdasarkan data dipercaya pekan ini.

inggris terhindar daripada jatuh ke resesi ketiga sejak krisis keuangan global selama 2008 sesudah ekonomi tumbuh sebesar 0,3 persen pada kuartal pertama.

sementara itu pinjaman bersih sektor publik mencapai 120,6 juta poundsterling di 12 bulan sampai akhir maret.

utang bersih sektor publik inggris mencapai rekor 1,186 triliun poundsterling selama maret, setara melalui 75,4 persen koleksi domestik bruto.