Diplomat asing pertimbangkan anjuran evakuasi Korut

para diplomat asing dalam pyongyang sedang mempertimbangkan anjuran evakuasi korea utara, sabtu, sementara kekhawatiran meningkat bahwa negara tersebut tengah bersiap-siap meluncurkan rudal dalam saat ketegangan menyangkut nuklir meningkat.

bulgaria menyampaikan para kepala misi uni eropa akan menggarap pertemuan supaya menetapkan Salah satu sikap bersama setelah pyongyang memperingatkan kedutaan-kedutaan sulit kiranya pihaknya tak dapat menjamin keselamatan mereka apabila konflik meletus serta mereka mesti mempertimbangkan agar menimbulkan negara tersebut.

sebagian besar pemerintah mereka menegaskan mereka tak mempunyai rencana-rencana langsung agar menarik para personel serta beberapa negara memperkirakan anjuran tersebut adalah Satu tipu muslihat agar memperbaiki kegelisahan internasional menyangkut krisis pada semenanjung korea sekarang.

kami yakin mereka sudah menggarap aksi ini dijadikan pihak daripada retorika negara mereka kiranya amerika serikat merupakan Salah satu ancaman kepada mereka, tutur juru bicara kementerian luar negeri inggris di london dan dilansir afp.

Informasi Lainnya:

seorang pejabat pemerintah korea selatan setuju dengan masukan itu juga mengatakan tersebut merupakan pihak daripada Satu perang propoganda agar melimpahkan tanggung jawab atas ketidakstabilan pada semenanjung korea pada amerika serikat.

para wisatawan barat yang kembali daripada kunjungan-kunjungan yang terorganisasi di pyongyang -- yang selalu dilaksanakan kendatipun banyak ketegangan-- menungkapkan situasi dalam lapangan tampaknya tenang, kehidupan sehari-hari berjalan seperti biasa.

kami gembira dapat pulang sementara kami tidak merasa takut saat kami berada pada sana, kata tina krabbe daripada denmark, dan tiba di beijing sesudah lima hari mengunjungi korut.

peringatan kepada kedubes-kedubes tersebut diumumkan bertepatan melalui laporan-laporan kiranya korut menempatkan dua rudal jarak menengah ke peluncur-peluncur bergerak dan disembunyikan dalam fasilitas-fasilitas bawah tanah selama tidak jauh pantai timurnya.

korut agaknya bermaksud menembakkan rudal-rudal itu tanpa menyerahkan peringatan lebih-lebih dulu, kata kantor berita korsel yonhap mengutip pernyataan betul pejabat senior pemerintah.

itu merupakan rudal-rudal musudan, dan belum diuji-coba serta mempunyai jangkauan tembak sekitar 3.000km.

rudal itu bisa menghantam berbagai korsel dan jepang dan kemungkinan malahan mencapai pangkalan-pangkalan militer as yang terletak pada pulau guam, pasifik.

juru bicara gedung putih jay carner, jumat, menungkapkan kiranya washington tak akan kaget dengan Salah satu uji coba rudal, yang telah merupakan pola ancaman perang mereka kini, retorika serta tindakan-tindakan dan tak bermanfaat dan tak konstruktif.

pentagon memperingatkan itu merupakan Satu tindakan provokatif, dengan juru bicara george little mendesak pyongyang memenuhi hukum-hukum internasional dan menyelesaikan komitmen-komitmen mereka.

korut, dan marah pada sanksi-sanksi pbb dan pelatihan militer gabungan as-korsel menganggarkan sejumlah ancaman dan perang nuklir di pekan-pekan belakangan ini.

korut tidak memiliki bukti kemampuan rudal balistik antar-benua dan mau dapat menyerang sasaran-sasaran as lebih jauh, serta ada ahli menungkapkan tidak mungkin negara tersebut menempatkan hulu ledak nuklir dalam rudal jangkauan menengah.

pernyataan kecemasan terbaru datang dari ikon komunis kuba fidel castro, dan memperingatkan bahaya konflik nuklir jauh lebih tinggi, bila meletus, ketimbang Salah satu krisis rudal kuba tahun 1962.

jika perang meletus dalam semenanjung korea hendak terjadi pembunuhan manusia, tutur castro dalam tulisannya selama artikel ha;a,amn depan surat kabar granma, milik partai komunis kuba.

pbb menyatakan pihaknya tidak punya rencana agar bagus stafnya setelah korut menganggarkan pesan peringatan kepada kedubes-kedubes serta kelomok organisasi swadaya warga pada pyongyang

juru bicara pbb maytin nesirky menyampaikan sekjen pbb ban ki-moon sedangmemelajari pesan itu serta staf pbb tetap melakukan aktifitas kemanusiaan dan pembangunan mereka.

kantor kementerian luar negeri inggris menungkapkan kedubes-kedubes dan organisasi agar memberitahu terhadap bagian berwenang pyongyang dalam 10 april tantang bantuan apa yang mereka perlukan seandainya mereka akan meninggalkan korut.